Minggu, 17 Maret 2013

Konsep Teknologi


Sepertinya file di laptob terkasih sudah mulai menumpuk, ini sedikit uraian yang pernah dibuat untuk memenuhi tugas konsep teknologi di semester I, semoga bermanfaat ^_^

1. Contoh Teknologi dlm Kehidupan sehari-hari dan Sejarahnya

A. Salah satu teknologi yang paling dekat dengan kita terutama kalangan pelajar adalah kertas. Setiap hari kita menggunakannya. Kertas adalah bahan tipis, rata yang dihasilkan oleh penekanan gentian (bahan pembuat kertas). Biasanya gentian yang digunakan merupakan gentian selulosa. Bahan paling biasa digunakan adalah pulpa kayu daripada pokok kayu pulpa (kebanyakannya kayu lembut) seperti spruce, tetapi bahan gentian sayuran lain termasuk kapas, linen, dan hem boleh digunakan.
Dahulu, kertas yang ada bukanlah yang seperti saat ini. Media penulisan banyak yang menggunakan batu ataupun tulang hewan. Kemudian pada zaman mesir kuno saat masanya fir’aun, ditemukannya papirus (kemudian diambil kata paper=kertas) yang dijalin dari bahan pokok papirus kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah sampai Romawi di Laut Tengah dan menyebar ke seantero Eropa, meskipun papyrus ini sangatlah mahal.
Peradaban  China yang menyumbangkan kertas bagi Dunia. Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.
Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ketangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Sungai Talas pada tahun 751 Masehi dimana para tawanan-tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab sehingga dizaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di Baghdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.
B. Pulpen atau bolpen adalah sejenis alat tulis (secara spesifik merujuk kepada sejenis pen) yang bentuk dan ukurannya mirip dengan pensil. Pulpen populer karena murah dan mudah digunakan.

          Awalnya, alat tulis yang menggunakan tinta adalah pena dan tinta yang digunakan terpisah. Pena yang digunakan pada awalnya dibuat dari bulu angsa seperti yang lazim digunakan di Eropa pada abad pertengahan, batang alang-alang air yang digunakan di Timur Tengah atau bahkan kuas yang digunakan di Tiongkok dan Jepang. Kelemahannya adalah penggunaannya sering merepotkan para pemakainya karena tintanya berceceran atau bahkan tumpah di atas kertas.

Pulpen mempunyai ruang internal yang diisikan tinta melekat. Tinta tersebut disalurkan melalui ujungnya saat digunakan dengan penggelindingan sebuah bola kecil (berdiameter sekitar 0,7 mm hingga 1 mm) dari bahan logam. Tintanya segera kering setelah menyentuh kertas

Sejarah penggunaan pulpe itu sendiri yaitu, Pulpen diciptakan oleh jurnalis Hungaria, Laszlo Biro/Ladislao Biro pada tahun 1938. Biro memperhatikan bahwa tinta yang digunakan dalam percetakan surat kabar mengering dengan cepat dan tidak meninggalkan noda pada kertasnya. Kesulitan-kesulitan lain saat menggunakan pena untuk mengoreksi naskah-naskah yang ditulis pada kertas tipis seperti tinta yang melebar, tumpah atau kertas yang sobek karena sabetan pena yang cukup tajam.

           Bersama saudara lelakinya George, seorang kimiawan, dia mengembangkan ujung pen yang baru yang tersiri dari sebuah bola yang dapat berputar dengan bebas pada sebuah lubang. Saat berputar, bola tersebut akan mengambil tinta dari sebuah cartridge, tinta membasahi bola kecil yang mengalir secara kapiler dan dengan bantuan gravitasi. dan kemudian menggelinding agar melekatkannya pada kertas. Karena bola kecil itulah maka pena baru itu dinamakan Ball Point Pen atau yang lazim dikenal dengan nama bolpen.Rancangan ini kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943 dan dijual dengan merek Birome, yang masih bertahan hingga saat ini.

2. Contoh Pengaruh Teknologi dalam:

a.  Film
Contoh Pengaruh Teknologi dalam dunia film dapat kita saksikan dalam beberapa film seperti :
1. Film Amerika yang berjudul “Submarine” merupakan film tentang pertempuran di bawah laut, menggunakan teknologi kapal selam yang canggih. Senjatanya juga menggunakan torpedo - torpedo. Pokoknya banyak hal yang berkaitan dengan kapal selam diceritakan disini, sampai kedalaman laut yang diperbolehkan untuk kapal selam.
2. Film selanjutnya juga yang menggambarkan penggunaan teknologi yaitu  “Starship Troopers” yang menceritakan ketika Bumi diserang oleh serangga – serangga  luar angkasa. Dan memaksa para pahlawan kita untuk pergi keluar angkasa dan membasmi para serangga itu dengan memakai pesawat dan pakaian luar angkasa.
3. Film yang ketiga adalah “Recall”. Pemerannya adalah Arnold Swazneger . Recall merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan perjalanan maya. Jadi pelanggannya dapat menikmati perjalanan wisata atau petualangan dalam imajinasinya, namun seperti nyata. Caranya adalah dengan mengirimkan sinyal menuju ke otak dan tentu saja pasiennya di bius terlebih dahulu.

b. Cerita/buku (science fiction)
Contoh Pengaruh Teknologi dalam cerita atau buku dapat kit abaca padas beberapa buku yang laris dipasaran akhir – akhir ini,
1. Kita ambil contoh seorang penulis novel best seller bernama Dan Brown yantg benar – benar memakai unsur teknologi dalam ceritanya, seperti dalam novel terbarunya yang berjudul Anggel And Demon. Novel ini bercerita tentang anti materi yang sebentar lagi akan meledak.Dilihat dari kata penyusunnya anti dan materi. Jadi ini merupakan anti dari materi yang ada di bumi ini, dan tentu saja tidak stabil jika dilepas bebas serta akan mengakibatkan ledakan yang dasyat yang akan meledakan seluruh kota Vatikan. Anti materi ini dicuri oleh orang yang tidak diketahui dari tempat penelitian.Tokoh utama dalam cerita ini bernama Leonardo Vetra , ia lah sosok yang beruaha keras memecahkan misteri ini dengan memanfaatkan berbagai teknologi dalam pengerjaanya.
2. Buku kedua, yaitu Digital Fotress. Yang juga ditulis oleh  Dan Brown . Buku tersebut menceritakan tentang suatu formula rahasia yang sulit sekali untuk dipecahkan.
0005030.jpg
3. Buku ketiga yang juga dalam cerita nya kental akan unsur teknologi yaitu novel yang berjudul “ayat-ayat cinta”. Ini merupakan novel timur tengah. Dalam novel tersebut dikupas pula tentang adat istiadat timur tengah dan penggunaan teknologi timur tengah. Misalnya saja penggunaan kereta api listrik bawah tanah yang menghubungkan titik-titik vital. Ataupun penggunaan ac pada setiap bangunan mesjid disana
  1. Lirik lagu
1. Mungkin nama Iwan fals sudah tidak asing lagi ditelinga kita, salah satu lagunya yang berjudul Timur Tengah 2. Lagu ini menceritakan suasana di Timur Tengah. Sepotong baitnya yang berbunyi:
Disana ada bohong, disana ada mayat, disana ada suara bommm,,,bommm,,,bommm,,,,,
menggambarkan penyalah gunaan teknologi di daerah timur tengah  untuk saling membunuh, sehingga membunuh dan menyengsarakan banyak orang.

2. Lagu kedua yaitu Lagu yang dipopulerkan oleh  Dr.Bombay yang judulnya Calcuta (taxi,taxi,taxi).Lagu ini menceritakan tentang perjalanan seseorang yang akan menemui pamannya yang bernama Gambi yang tinggal di kota Calcuta . Cuplikan baitnya yang berbunyi
I like to ride a taxi, I like it very much” menunjukan kepada kita penggunaan teknologi dlm bidang transfortasi sangat bermanfaat dan diminati banyak orang.

3.Lagu ketiga yang juga  mengandung bait yang berkaitan dengan teknologi yaitu “Radio” by The Corrs. Ternyata teknologi bisa juga untuk orang yang sedang jatuh cinta.buktinya the corrs mendengarkan lagu lewat radionya ketika teringat dengan sang pujaan hatinya.

3. Perbedaan Teknologi dan Teknik

Menurut David L. GOETCH : people tools, resources ,to solve problems or to extend their capabilities. Sehinga teknologi dapat dipahami sebagai “upaya” untuk mendapatkan suatu “produk” yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan peralatan (tools), proses dan sumberdaya (resources).
Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara
  1. Teknologi sebagai makna untuk memenuhi suatu maksud di dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah (mengkonversikan) sumberdaya (resources) ke suatu produk atau jasa.
  2. Teknologi tidak ubahnya sebagai pengetahuan, sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objective).
  3. Technologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru.
Jadi, jelaslah bahwa teknologi lebih kompleks dari pada teknik, tetapi juga dalam aspek - aspek lainnya. Seperti menurut Thomas P. Hughes dalam papernya “Technological History and Technical Problems’ mengatakan:Other factors embedded in technology besides technical are the economic, political, scientific, sociological, psycological, and ideological. Technology usually has the structure of goal-seeking, problem solving, open system. (Hughes dalam Starr and Ritterbush (ed.), Science, Technology and Human Prospect, Pergamon Press, New York, 1979, hal. 142)

Sumber :


http://nisanisanisa89.blogspot.com/2007/09/konsep-teknolog
 

.ristaniar ilyas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar