Jumat, 03 Juni 2011

5 Beautiful Bridge ( 5BB)

selama ini kita lebih cendrung berpikir bahwa jembatan hanya memiliki fungsi penting untuk menghubungkan dua daerah yaang dipisahkan oleh tali air,sungai,ataupun lautan.Tapi sayang banget itu pandangan yang da g ke pake lagi sekarang,,hhee,,bisa kita liat aja di negara kita,salah satu contoh realnya di kotaku tercinta palembang. Di Palembang terdapat jembatan AMPERA yang terletak ditengah kota palembang, jembatan ini menghubungkan daerah hulu dan hilir kota palembang jembatan dengan struktur Panjang : 1.117 m ,Lebar : 22 m ,Tinggi : 11.5 m dari permukaan air
,Tinggi Menara : 63 m dari permukaan tanah dan Berat : 944 ton. Walaupun jembatan ampera tidak termasuk dalam golngan jemabatan terbaik dunia,namun saat ini jjembatan ampera sudah tidak lagi hanya memiliki fungsi sebagai sarana penghubung dua daerah saja,karena telah menjadi salah satu lambang kebanggaan yang dimiliki oleh masyarakat kota palembang.Kayaknya cukup dulu saya narsis dengan kota saya sendiri.Ditulisan ini saya ingin berbagi mengenai 5 jembatan terindah di dunia. lets check it out..

1.Rainbow Bridge
yupz,yang pertama kita punya raibow bridge,,dari nama nya aja dah ketebak yah kalo jembatan yang atu ini terkenala keindahannya karena warna pencahayaan nya yang selalu berubah-ubah seperti pelangi dimalam hari.jembatan ini tepatnya terletak di atas pelabuhan Tokyo

2.Chapel Bridge
Chapel bridge ini terletak di Negara Swiss,teepatnya di kota Lucerne, jembatan ini membentang sepanjang sungai Reuss. 1 hal yang menarik mata saya saat pertama kali melihat foto chapel bridge ini. Jembatan ini memiliki atap disepanjang jalurnya. Tidak aneh memang jika kita kembali ke sejarah dari Chapel Bridge itu sendiri,pada masa silam jembatan ini memang digunakan sebagai ruang penyiksaan dan penyimpanan uang oleh pemerintah Swiss. namun jangan khawatir jika kamu berkunjung ke chapel bridge,kamu tidak akan menyaksikan penyiksaan lagi disana,karen yang ada sekarang hanya deretan lukisan yang sengaja dipasang untuk menarik daya tarik wisata.


3.Tower Bridge ( London )
waah,kalo jembatan yang satu ini tentu dah ngga asing lagi kan,sering banget ni jembatan ikutan nangkring di film2 inggris,,hhee,,ni Tower bridge merupakan salah satu objek wisata kota London yang wajib n kudu dikunjungin kalo da nijekin kaki ke London.jembatan ini merupakan karya seni yang dikerjakan selama kkurang lebih delapan tahun oleh 5 kontraktor ternama dan 432 pekerja,Jembatan Tower ini merupakan jembatan terkuat dan terindah di Inggris.


4.Brooklyn Bridge ( New York )
Jembatan ini rupanya memegang banyak pengalaman di awal-awal berdirinya. Salah satunya adalah termasuk menjadi jembatan gantung pertama yang pernah menggunakan kabel baja untuk pengganti kawat dan yang pertama menggunakan bahan peledal dala, sebuah perangkat bawah air yang dikenal sebagai Caisson.

Ketika pertama kali diresmikan, jembatan tersebut menjadi yang paling terpanjang di dunia, dan sampai hari ini, menjadi jembatan kedua tersibuk di kota New York dengan 144.000 kendaraan yang lalu lalang setiap harinya.


5.Confideration Bridge ( Kanada )
Menghubungkan pulau Prince Edward dan New Brunswick, jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang ditutupi oleh es di atas air. Ketika dibangun, jembatan yang telah dirancang selama satu abad itu telah banyak memenangkan penghargaan Internasional.tapi setelah diliat-liat jembatan suramadu g kalah yah ma jembatan ini,,(#tetep narsis ya dengan bangsa sendiri ) LOL.

Sangking populernya jembatan tersebut, jumlah wisatawan secara signifikan semakin meningkat sejak pembukaanya pada 31 Mei 1997.


.ristaniar ilyas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar